Tragedi Kemanusiaan dan Gema Suara Hati Kita

JRKB

Di hari-hari duka ini, kami Jaringan Relawan Kemanusiaan Bali (JRKB), ingin mengajak segenap masyarakat bangsa di seluruh tanah air, khususnya di Bali, untuk bersama-sama mengungkapkan rasa duka cita dan solidaritas yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya ratusan korban baik yang meninggal, luka-luka maupun hilang dalam tragedi bom di jalan Legian Bali dan di Manado, melalui kerja kemanusiaan yang nyata.

Kondisi kemanusiaan dan peradaban bangsa kita benar-benar tengah digoncang oleh terror yang demikian biadab. Inilah sebuah keniscayaan dari sebuah peradaban bangsa yang sedang kehilangan citra kemanusiaannya atau usaha-usaha yang secara sistimatis direkayasa untuk menghancurkan peradabannya sendiri.

Dengan jujur kami akui bahwa kami harus belajar dan memberi apresiasi yang tinggi pada komitmen serta aktivitas seluruh relawan kemanusiaan dari berbagai manca negara yang secara spontan dan profesional telah terlibat aktif dalam memperjuangkan keluhuran manusia sejak menit-menit awal sesudah peristiwa ledakan itu, terutama di rumah-rumah sakit di mana para korban dan keluarga korban berada.

JRKB adalah sebuah ikhtiar kebangkitan hati nurani warga bangsa, masyarakat biasa, mahasiswa, kelompok-kelompok profesional (dokter-perawat, petani, seniman, pedagang kecil, pengusaha, pengacara, insinyur, pegawai negeri, polisi, militer, tokoh-tokoh agama/spiritual), dan masyarakat dari berbagai macam lapisan dan golongan, serta suku bangsa yang berkumpul di Bali, yang secara spontan dan independen sejak awal peristiwa tragedi itu tergerak hati nuraninya untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban dan keluarga korban.

JRKB adalah sebuah gerakan non-sektarian dan non-partisan, cinta perdamaian dan cinta tanah air, serta senantiasa mengutamakan korban dan keluarga korban dalam gerak pelayanannya. Derita korbanlah yang telah mempersatukan kami.

Dalam gerak pelayanannya, kami ingin menjadi fasilitator sederhana bagi para anggota masyarakat yang ingin menyatakan belasungkawa dan solidaritasnya melalui tindakan nyata: memberikan bantuan tenaga (relawan), obat-obatan, logistik dan peralatan-peralatan lain yang diperlukan untuk menunjang kerja ini.

Dengan rendah hati kami mengetuk hati nurani saudara-saudara di seluruh penjuru tanah air, khususnya masyarakat Bali, untuk bergabung bersekutu mewujudkan kerja dan tanggung jawab kemanusiaan bersama ini. Agar kerja sama kita ini terealisir dengan baik, JRKB telah menyiapkan unit-unit kerjanya: Administrasi, Pendataan, Humas, Logistik, Medis, Hubungan dengan Operasional Rumah Sakit, Pendampingan Keluarga Korban, Tim Pendukung untuk Kerja Kamar Mayat. Sistem kerja ini merupakan supporting system bagi kerja-kerja kemanusiaan yang sudah ada di rumah sakit-rumah sakit.

Kami tidak ingin sekedar menghitung deretan jumlah angka korban. Kami ingin belajar merengkuh para korban sebagai manusia yang telah dipecah, dihilangkan keutuhan haknya sebagai manusia. Mereka adalah para saksi kebenaran yang tak akan pernah berhenti menyerukan suara gugatan pada setiap pelaku kejahatan pada kemanusiaan kita. Mereka adalah sosok manusia yang menjadi batu penjuru sebuah bangunan peradaban baru. Karena itu kami ingin mencoba menyatukan dengan jeritan pengharapan dari setiap korban.

Untuk menghormati para korban yang telah gugur dan terluka, maupun hilang dan guna mewujudkan butir-butir keadilan dalam peradaban kita, dengan rendah hati kami mohon kepada segenap warga bangsa, baik warga negara biasa, aparat keamanan, pemerintah, maupun mahasiswa dan warga masyarakat lain, agar dalam masa-masa yang berat ini, kita semua berusaha dengan sekuat daya menjernihkan emosi dan tetap konsisten bergandengan tangan meraih tujuan reformasi negara-bangsa ini: keadilan, perdamaian, persatuan.

Dengarlah suara hati nurani bangsa ini, ketimbang upaya-upaya provokasi konflik horizontal yang sedang terus berusaha digalang oleh para pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan.

Demikian pernyataan ini dibuat atas dasar kemanusiaan dan prinsip hak asasi manusia yang harus senantiasa ditegakkan di negeri ini. Segala bantuan suka-rela dari saudara-saudara yang baik budi, entah itu berupa tenaga relawan, obat-obatan, logistik, konsumsi, peralatan medis, peralatan kebersihan untuk para korban maupun keluarga korban, terutama berupa dana, dapat langsung dikirimkan melalui:

Posko Jaringan Relawan Kemanusiaan Bali
Alamat : Senat Mahasiswa Fakultas Sastra-Universitas Udayana (Di Sebelah RSUP Sanglah), Jln. Pulau Nias No. 13, Sanglah, Denpasar-Bali Tel: 0361-257203; Fax: 0361-257204; E-mail:
No.Rek: 7720010067, BCA Kuta, atas nama Agustinus Prayitno
Kontak: Gentry F.P. Amalo HP: 0818-662-557

Posko Jaringan Relawan Kemanusiaan Jakarta
Alamat: Sanggar Ciliwung
Jl. Bukit Duri I/21, RT 06/RW 012, Kel. Bukit Duri, Kec. Tebet, Jakarta
Selatan, 12840, Tel/Fax: 021-8308255;
No.Rek: 3422304891, BCA Matraman, atas nama Shirly Suhenda atau I. Sandyawan Sumardi.
Kontak: Hexa Rahmawati HP: 08159968775

Bali, 14 Oktober 2002

Gentry FP Amalo
Ketua JRK Bali

NB. Data korban terakhir terlampir.

Koordinator JRKB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *