Posko Banjir Bengawan Solo 2008

Terkait bencana meluapnya air DAS Bengawan Solo yang terjadi sejak akhir Desember 2007 serta masih lambannya distribusi bantuan makanan dan obat-obatan dilokasi bencana, maka kami Jaringan Relawan Kemanusiaan Bali (JRK-Bali) bersama Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia (Bike To Work Indonesia) Chapter Bali, membentuk “POSKO PEDULI BANJIR BENGAWAN SOLO” yang akan beroperasi 24 jam penuh.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam posko ini adalah difokuskan pada pengumpulan bantuan yang dibutuhkan korban bencana dari para donator, baik itu secara perorangan maupun lembaga.

Bantuan yang terkumpul ini akan segera didistribusikan kepada warga korban di lokasi bencana, dimana untuk prioritas saat ini adalah sekitar DAS Bengawan Solo yang melewati Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan juga Gresik.
Selebaran Solidaritas Masyarakat

Kendati banjir di Bojonegoro secara umum sudah mulai surut namun di beberapa daerah masih tergenang air yang tidak bisa mengalir.

Dikhawatirkan kondisi warga semakin buruk karena banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan peralatan kebutuhan rumah tangga, menyebabkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Sementara disisi lain, sampah bawaan banjir yang tertinggal setelah air surut dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit pada balita dan lansia.

Dari data terakhir yang kami peroleh dari kontak relawan kami di lapangan, ada beberapa lokasi yang masih terisolasi dan belum memperoleh bantuan. Lokasi-lokasi yang belum mendapatkan distribusi bantuan ini adalah. Kec. Kanor Utara, Kec. Baureno Utara di Bojonegoro Timur, Kec. Kalitidu, Kec.Padangan di Bojonegoro Barat, serta Kec.Trucuk, Kec.Malo di Bojonegoro Utara.

Sementara bantuan yang dibutuhkan di masing-masing wilayah ini berupa:
  1. Obat-obatan (diare, anti biotik, anti tetanus, penyakit kulit, penyakit pernafasan, demam, flu, minyak kayu putih)
  2. Biskuit balita
  3. Pembalut wanita
  4. Bahan makanan siap saji
  5. Selimut
  6. Sembako (beras, susu, telor, dsb)
  7. Peralatan MCK
  8. Peralatan dapur
  9. Pakaian layak pakai

Kami siap untuk menampung segala macam bantuan baik bantuan obat-obatan, makanan instant, pakaian layak pakai, perlengkapan mandi dsbnya.

Selain itu kami juga membutuhkan relawan medis (dokter dan perawat) serta beberapa perahu karet yang akan digunakan untuk membantu mendistribusikan bantuan ke wilayah-wilayah yang masih terisolir.

Untuk itu kepada masyarakat Bali dan Denpasar pada khususnya, kami menghimbau untuk membantu korban bencana. Bagi anda yang akan memberikan bantuan obat-obatan, dana, serta bantuan lainnya dapat disalurkan melalui:

Posko Peduli Banjir Bengawan Solo
Jln Jayagiri III nomor 11B Denpasar-Bali,
Telepon 08283614497,
Contact person:

Nino, Koordinator Posko, 081338356425,
Marsdiono, Koord. Logistik, 08179799387.

E-mail: jrk_bali@yahoo.com atau jrkbali08@gmail.com

Untuk bantuan dana dapat ditransfer ke rekening:
Gentry F.P. Amalo
Bank Mandiri – Cab. Veteran – Denpasar
No. Rekening: 145-00-02078083

Demi kepentingan kepentingan akuntabilitas public, diharapkan agar copy bukti transfer dikirimkan ke alamat posko yang tertera di atas

Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *