logo_antaraDenpasar (ANTARA News) – Arena lomba triatlon di kawasan pantai dan bukit Jimbaran, Bali, dinyatakan sebagai yang terbaik di dunia.

“Tim triatlon asal Amerika Serikat sempat melayangkan pujian itu setelah mereka tampil pada kejuaraan tahun lalu (2007),” kata Gentry Amalo, panitia penyelenggara lomba bertajuk “MRA Bali International Triathlon (MBIT)” 2008, di Denpasar, Jumat.

Ia mengungkapkan, disebut yang terbaik sehubungan arena lomba berada di daerah perbukitan yang di bagian kakinya merupakan garis pantai membiru dengan deburan ombak yang cukup dahsyat.

“Jadi selain medannya yang memang menantang untuk arena lomba, juga pemandangan alamnya begitu elok dan menawan,” kata Gentry.

Menyaksikan itu, lanjut dia, tim triatlon Amerika Serikat berdecak kagum dan menyatakan kawasan pantai dan bukit Jimbaran merupakan arena triatlon terbaik dunia.

Sebubungan dengan itu, baik Gentry maupun Ketua Penyelenggara MBIT, Renato Sagrado, menyatakan optimisnya bahwa pada penyelenggaraan yang kedua tahun ini akan mampu mendatangkan 300 peserta dari mancanegara.

“Target kita tahun ini 300 peserta, yakni sekitar seratus orang lebih banyak dari tahun lalu (2007) yang terhitung 205 atlet dari 16 negara,” katanya.

Seperti tahun lalu, MBIT 2008 akan kembali digelar di kawasan pantai dan bukit Jimbaran, Bali, pada 27-29 Juni mendatang.

Mengenai atlet yang sudah mendaftarkan diri, Renato menyebutkan, hingga kini telah mencapai 185 peserta dari 16 negara menyatakan diri untuk ambil bagian dalam lomba.

“Jumlah peserta diperkirakan akan terus bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga beberapa hari menjelang kegiatan dilaksanakan,” ujarnya.

Renato mengatakan, hampir seluruh negara yang ikut pada lomba tahun lalu, kali ini terdata telah mendaftarkan diri kembali. Mereka itu antara lain berasal dari Singapura, Australia, Thailand, Hongkong, Malaysia, India dan Israel.

Mengenai urutan kegiatan, Renato mengungkapkan dimulai dari berenang menempuh jarak 1,5 km di Pantai Jimbaran, dilanjutkan bersepeda 42 km dan terakhir lari 10 kilometer.

Khusus untuk arena bersepeda, peserta akan dihadapkan dengan medan yang memiliki tikungan serta tanjakan dan turunan cukup tajam di kawasan Bukit Jimbaran, katanya.(*)

http://www.antara.co.id/print/1212748472

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *