sidang khieu samphanHari ini saya membaca berita di situs berita kesayangan saya BBC.  Judulnya “Khieu Samphan Dikenai Dakwaan“, sebuah judul yang cukup menarik perhatian dan menggelitik hati. Langsung saja saya membacanya:

Mantan kepala negara Kamboja Khieu Samphan dikenai dakwaan genosida, kata seorang juru bicara mahkamah kejahatan perang PBB.
Sosok berusia tujuh puluh delapan tahun itu dituduh membunuh masyarakat minoritas Kamboja, yaitu etnis Vietnam dan Muslim Cham.
Dakwaan ini menyusul dakwaan serupa yang dijatuhkan terhadap dua pemimpin Khmer Merah lainnya, Ieng Sary dan Nuon Chea.
Sebelumnya, ketiga orang tersebut telah dikenai tuduhan melakukan kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.
Mereka sekarang sudah ditahan, meskipun pengadilan mereka diperkirakan baru akan dimulai tahun 2011.

Tidak terlibat langsung

Sekitar dua juta orang tewas selama pemerintahan Khmer Merah tahun 1970-an.
Khieu Samphan, 78 tahun, tidak pernah membantah adanya para korban tersebut, namun dia dan pengacaranya mengatakan bahwa sebagai kepala negara, dia tidak pernah terlibat langsung dalam pembunuhan.
Salah satu anggota tim pengacaranya, adalah pengacara Prancis terkenal Jacques Verges, yang sebelumnya pernah membela tokoh Nazi Klaus Barbie, dan penyandera asal Venezuela, Carlos the Jackal.
Verges, 83 tahun sudah mengenal Khieu Samphan sejak mereka terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan sayap kiri di Prancis di tahun 1950-an.(*)

Membaca berita tersebut diatas, saya langsung membayangkan, kapan kita, Bangsa Indonesia ini bisa menuntut Jenderal Besar Haji Moh. Soeharto (Alm.) dan pendukungnya diseret ke pengadilan, dengan tuduhan telah melakukan tindak kekerasan baik fisik dan mental yang berujung pada kematian para pendukung Bung Karno, baik itu kaum nasionalis (soekarnois) maupun kaum kiri yang tergabung dalam keanggotaan dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menurut penelitian para ahli sejarah, menyebutkan bahwa Soeharto dan pendukungnya telah membantai sedikitnya 2,5 juta anggota PKI dan Soekarnois, yang sama sekali tidak dapat melakukan perlawanan atas fitnah dan kekejaman teror psikologis terhadap para pendukung Soekarno di 1965 hingga sekarang ini,.. (..bersambung..)

One thought on “Mantan Kepala Negara Kamboja Dikenai Dakwaan Genosida”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *