Ribuan Facebooker Tuntut Penyelesaian Pencemaran Laut

logo matanewsHeadlines | Sat, Jan 30, 2010 at 23:37 | Jakarta, matanews.com

Sekitar 5.000 facebooker yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat di dalam dan luar negeri mendukung perjuangan Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) menuntut penyelesaian pencemaran Laut Timor akibat meledaknya sumur Montara pada 21 Agustus 2009.

Kreator gerakan facebooker, Gentry Amalo mengatakan, ia melancarkan gagasan perjuangan penyelesaian pencemaran minyak mentah (crude oil) di Laut Timor lewat facebook tersebut karena pemerintah Indonesia dinilai tidak berbuat apa-apa dalam menyikapi persoalan tersebut.

“Ketika masalah ini saya lemparkan melalui facebook, sudah hampir 5.000 facebooker mendukung gerakan tersebut, dan meminta pemerintah Australia dan operator ladang minyak Montara untuk segera memberi kompensasi (ganti rugi) kepada para nelayan dan petani rumput laut di Timor barat bagian NTT dan pulau-pulau sekitarnya yang terkena dampak dari pencemaran itu,” ujarnya.

121220pKetua YPTB yang juga pemerhati masalah Laut Timor, Ferdi Tanoni mengatakan, gerakan mendukung perjuangan penyelesaian pencemaran minyak di Laut Timor itu tidak hanya datang dari facebooker Indonesia yang diprakarsai Gentry Amalo. Tetapi juga lewat Twitters yang diprakarsai Senator Rachel Siewert dari Australia dengan judul “Komisi Penyelidikan Pencemaran Laut Timor Harus Pula Menyelidiki Perairan Indonesia”.

“Bentuk dukungan ini sangat luar biasa, karena datang juga dari Australia sendiri yang memandang masalah pencemaran tersebut sebagai salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang bersifat universal yang harus mendapat perhatian seluruh dunia,” kata Tanoni yang juga penulis buku “Skandal Laut Timor, Sebuah Barter Politik Ekonomi Canberra-Jakarta” itu. (*an/ham)

http://matanews.com/2010/01/30/ribuan-facebooker-tuntut-penyelesaian-pencemaran-laut/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *