Logo MetroBaliDenpasar (Metrobali.com) – Komunitas Pewahyu Rakyat mendatangi anggota DPRD Provinsi Bali, Senin (9/9), untuk mengadukan pembongkaran gedung Fakultas Sastra Universitas Udayana (Unud) Denpasar.

Koordinator Pewahyu Rakyat Ngurah Agung Swahbawa menilai pembongkaran bangunan kampus di Jalan Nias Nomor 13 Denpasar itu oleh rektorat Unud sebagai tindakan yang tidak menghargai sejarah.

“Gedung Fakultas Sastra tersebut sangat bersejarah karena diresmikan Presiden Soekarno pada 29 September 1958,” katanya.

Komunitas yang beranggotakan para alumni Fakultas Sastra Unud itu menyampaikan lima tuntutan, yakni Fakultas Sastra dan Budaya Unud merupakan satu-satunya fakultas di Indonesia yang diresmikan Bung Karno.

Kedua, atas pertimbangan historis tersebut maka bangunan itu dapat diduga sebagai bangunan cagar budaya, karena sudah masuk kreteria-kreteria UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Ketiga, sesuai dengan pasal 29 ayat (2) UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya disebutkan “bahwa setiap orang dapat berpartisipasi dalam melakukan pendaftaran terhadap benda, bangunan, struktur dan lokasi yang diduga sebagai cagar budaya meskipun tidak memiliki atau menguasainya”.

Keempat, komunitas Pewahyu Rakyat meminta kepada Rektor Universitas Udayana dan Dekan Fakultas Sastra Unud untuk mengembalikan bangunan tersebut kembali utuh sebagaimana aslinya sesuai pasal 77 UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Kelima, selama dua pekan terakhir, telah terjadi upaya perusakan bangunan yang diduga sebagai bangunan cagar budaya, maka pihaknya meminta kepada Kapolda Bali atau Kapolresta Denpasar untuk memeriksa Rektor dan Dekan Unud, sesuai pasal 104 dalam UU Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

“Kami minta kepada rektorat berhenti melakukan intimidasi kepada kami, termasuk juga kami minta untuk menghentikan pembongkaran bangunan tersebut,” katanya menambahkan.

Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan dan menampung aspirasi dari elemen masyarakat ini.

“Kami terima aspirasi ini dan kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut,” katanya. AN-MB

Short URL: http://metrobali.com/?p=40093

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *