logo Berita BaliBeritabali.com, Renon. Dekan Fakultas Sastra Universitas Udayana Wayan Cika mengungkapkan Gedung C Fakutas Sastra Universitas Udayana (Faksas UNUD) yang berlokasi di Jalan Nias No. 13 Sanglah Denpasar belum masuk dalam kategori bangunan cagar budaya. Hingga kini bangunan tersebut belum memiliki register atau belum tercatat sebagai benda cagar budaya.

Hal tersebut disampaikan Wayan Cika menanggapi penolakan pembongkaran Gedung C Faksas Unud oleh mahasiswa Faksas Unud, budayawan dan seniman Bali yang tergabung dalam Komunitas Pewahyu Rakyat

Menurut Wayan Cika, gedung C Faksas belum ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sehingga tidak ada alasan untuk menolak pembongkaran. Apalagi gedung tersebut dibongkar untuk dibangun gedung baru berlantai empat yang nantinya akan digunakan sebagai ruang kuliah bagi para mahasiswa.

“Jadi gedung ini sangat dibutuhkan juga untuk kegiatan kemahasiswaan perkuliahan, kan kita di bidang pendidikan membangun karakter bangsa, kalau dibiarkan gedung itu rusak, ada kondom dan lain sebagainya ditemukan oleh petugas kebersihan itu , apa gunanya, apa itu bernilai sejarah,” tegas Wayan Cika.

Wayan Cika mengakui sebelumnya sempat dilakukan kajian terhadap gedung C Faksas Unud dan dinyatakan belum layak untuk dimasukkan sebagai bangunan cagar budaya. Selain itu jika diusulkan sebagai bangunan cagar budaya, juga memerlukan banyak biaya untuk perawatan dan perbaikan gedung. (mlt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *