Setujukah kamu jika Jokowi membangun rumah untuk Suku Anak Dalam?

“Ini yang perlu dikelola lagi sehingga mereka mempunyai rumah tetap, tidak nomaden,” kata Jokowi

Rappler.com
Published 10:32 AM, October 31, 2015
Updated 10:32 AM, October 31, 2015

Presiden Jokowi berdialog dengan Suku Anak Dalam, saat mengunjungi mereka di Kab. Sarolangun, Jambi, 30 Oktober 2015. Foto oleh setkab.go.id

JAKARTA, Indonesia—Niat Presiden Joko Widodo ingin “membantu” Suku Anak Dalam Sorolangun, Jambi dikritik. Salah satu niat Jokowi adalah membangun rumah untuk mereka.

Niat itu disampaikan Jokowi setelah ia berkunjung di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, 30 Oktober 2015.

Suku Anak Dalam dikenal tinggal berpindah-pindah, sehingga Jokowi pun sempat bertanya kepada mereka yang bermukim di tenda-tenda di kebun sawit, apakah mau tinggal di rumah dan tidak nomaden lagi.

Mereka, kata Jokowi, menjawab mau, tapi dengan syarat rumahnya memiliki jarak yang agak jauh dan memiliki lahan.

“Sudah nanti disiapkan, Bu (Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya) sudah nyiapkan, Pak Bupati, Pak Gubernur. Nanti yang mengenai rumahnya diurus Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa,” kata Jokowi.

“Ini yang perlu dikelola lagi sehingga mereka mempunyai rumah tetap, tidak nomaden, lalu sumber pendapatan mereka harus dipikirkan. Pendidikan juga, harus ada yang mengajar anak-anak Suku Anak Dalam,” kata Jokowi.

Ia juga mengatakan masih banyak yang kurang dari rumah tersebut, misalnya tidak ada sumur dan listrik. Pemerintah akan menyiapkan itu semua.

Netizen kritik Jokowi

Namun, rencana Jokowi untuk memberi rumah pada Suku Anak Dalam Sorolangun mendapat kritikan dari netizen.

 

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu setuju Jokowi membangun rumah untuk anak suku dalam?Rappler.com

berita bisa dibaca langsung pada laman Rappler.com: http://www.rappler.com/indonesia/111263-jokowi-bangun-rumah-suku-anak-dalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *