Apa masalah utama pendidikan nasional kita? Salah satu masalahnya adalah elit politik negeri ini masih tidak mau keluar dari zona nyaman yang diciptakan kaum Neoliberalisme.

Suka atau tidak suka, justru neoliberalisme-lah yang telah mencelakai dunia pendidikan kita. Neoliberal telah membentuk pendidikan kita menjadi industri, ini dapat dilihat dari hadirnya beberapa sekolah-sekolah swasta internasional di banyak kota besar yang harganya selangit. Di sisi lain sekolah-sekolah negeri yang disiapkan negara seolah menjadi turun kelas dan tidak ada prestisnya lagi. Guru-guru yang seharusnya menjadi pendidik, dengan undang-undang yang ada ternyata dibatasi hanya sebagai pengajar. Padahal negara ini sangat membutuhkan orang-orang terdidik dan terlatih dalam beragam bidang pekerjaan.

Ilmu pengetahuan yang seharusnya menjadi milik bersama dan gratis, ternyata dibuat menjadi mahal dan sangat mahal. Guru-guru yang seharusnya dibayar negara, justru dibuat negara menjadi tenaga honorer yang sewaktu-waktu kontraknya dapat diputus begitu saja, Sehingga tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Tidak semua guru dapat benar-benar mengabdi mencerdaskan bangsa ini, karena masih memenuhi kebutuhan dasar hidupnya masing-masing.

Dari 270 juta jiwa penduduk Indonesia, berapa persen angka anak putus sekolah di tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas? Berapa persen kaum muda yang menjadi sarjana dan kemudian benar-benar berkarir di bidangnya? Misalnya berapa persen sarjana pertanian yang berprofesi sebagai petani, berapa persen sarjana peternakan yang berprofesi sebagai peternak? dst dst..

Satu-satunya kunci agar negara ini maju adalah kembali ke ekonomi politik Pancasila, ekonomi politik gotong royong dan bukan ekonomi politik neoliberal yang hanya menjadikan negara ini negara pasar semata, negara konsumen, ibarat sapi, kita hanya dijadikan sapi perah, diperah setiap hari untuk diambil susunya tanpa pernah disejahterakan.

Selamat Hari Pendidikan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *